inspirasi
Karambol: Sejarah, Ukuran Papan, Aturan Permainan, dan Istilah Penting
Beberapa jenis olahraga memang bisa menjadi hiburan yang menyenangkan, contohnya karambol. Masyarakat Indonesia juga sangat familiar dengan permainan ini.
Cara bermainnya menggunakan papan dan koin atau carroman. Permainannya dikenal dengan banyak nama lain misalnya carom, carrum, couronne, atau finger billiard.
Permainan yang juga masih serumpun dengan biliar ini memang disukai masyarakat. Bahkan pada tahun 90-an, olahraga ini menjadi tren di Indonesia.
Sampai sekarang di pos ronda perkampungan masih ada yang memainkannya untuk bersantai. Meskipun permainannya santai, tapi juga ada aturan permainan tertentu di dalamnya.
Baca juga: Sofbol: Sejarah, Ukuran Lapangan, Aturan Permainan, dan Istilah Penting
Sejarahnya berasal dari India dan lebih banyak dipopulerkan di Arab Saudi
Karambol pada awalnya berasal dari India, dibawa ke Arab Saudi oleh para pedagang melalui Hijaz.
Antropolog Arab Saudi menggambarkan bahwa karambol adalah permainan lintas generasi yang menarik berbagai kalangan.
Ada beberapa macam variasi karambol di Arab Saudi, salah satunya dengan uang atau fuloos.
Permainannya mengadu dua orang pemain satu sama lain. Pemainnya mengumpulkan poin-poin sampai menjadi pemenang.
Cara memainkannya tidak perlu banyak kekuatan fisik, sehingga kurang menantang bagi sebagian generasi muda.
Tapi, sejak lockdown di masa pandemi sejak 2020, ada tren baru di Arab Saudi untuk bermain karambol di rumah bersama keluarga.
ICF (International Corrums Federation) adalah organisasi yang menaungi atlet dan penggemar karambol di dunia.
Sejak dibentuk pada tahun 1988 sampai sekarang, India dan Srilanka menjadi negara yang memperoleh medali terbanyak pada kejuaraan internasional.
Ukuran papan dan peralatan yang disarankan
Sebagai salah satu olahraga sekaligus permainan rakyat yang tidak butuh keahlian khusus, banyak orang yang memainkannya tanpa memperhatikan standarnya.
Padahal ada alat yang berstandar misalnya ukuran papan berikut ini.
Ukuran papan
- Panjang dan lebar: 74×74 cm
- Lebar frame: 5-10 cm
- Diameter tengah: 4,45 cm
Ukuran koin atau anak karambol
- Tebal: 5 mm
- Diameter: 3,3 cm
- Bahan: mika atau kayu
Peralatan tambahan lain yang dibutuhkan adalah bedak karambol untuk melicinkan meja.
Baca juga: Kasti: Sejarah, Ukuran Lapangan, Aturan Permainan, dan Istilah Penting
Aturan permainan dalam karambol yang perlu diketahui
Berikut ini adalah beberapa aturan permainan dalam karambol;
- Setiap papan atau meja terdiri maksimal 4 peserta yang bermain secara individu.
- Untuk menentukan siapa yang bermain pertama kali, bisa dilakukan undian atau lemparan.
- Sistem pertandingan yang dipakai ialah sistem gugur. Yang kalah tidak mendapat giliran bermain dalam pertandingan.
- Permainan dilakukan maksimal 45 menit.
- Yang memenangkan undian akan menyerang lebih dahulu sebagai awal permulaan permainan, atau memberikan kesempatannya ke pemain lain.
- Bila pemain yang pertama menembak dengan anak karambol putih, maka lawan memakai koin hitam. Begitu juga sebaliknya.
- Jika pemain tidak bisa mencetak poin, maka dia akan kehilangan giliran dan lawannya bisa memilih memainkan koin hitam maupun putih.
- Permainan memakai sistem poin atau jumlah anak karambol yang bisa masuk ke dalam lubang oleh pemain, poin yang terbanyak adalah pemenang
- Saat striker akan disentil, penempatan strikernya tidak boleh sampai melewati garis horisontal yang ada di papan.
- Jika pemain melewati garis horisontal, maka pemain tersebut berutang 1 poin.
- Pemainnya tidak boleh untuk memasukkan anak karambol yang ada di belakang garis horisontal secara langsung, tapi harus dari pantulan.
- Anak karambol bernilai 1 poin, raja bernilai 10 poin, dan striker bernilai 5 poin.
- Jika pemain mengantongi striker, dia harus membayar penalti. yang biasanya bernilai 10 poin.
- Keputusan wasit tidak dapat diganggu gugat.
Istilah-istilah penting dalam permainan karambol
Permainan karambol memang mudah dilakukan tanpa harus menguasai teknik yang rumit. Tapi alangkah baiknya jika memahami istilah penting di dalamnya.
- Queen: adalah koin berwarna merah yang ditempatkan di tengah papan di awal permainan.
- Foul: serangan yang salah oleh pemain dan dianggap sebagai pelanggaran.
- Break: serangan pertama di papan disebut.
- Push: sentakan tiba-tiba di papan saat bermain disebut push, ini juga semacam pelanggaran.
- Strike: pemain memukul koin dengan striker secara langsung atau tidak langsung.
- Due: istilah penalti, ketika pemain melakukan pelanggaran dan menempatkan koinnya di tengah.
- Covering: artinya mengantongi salah satu koin sebagai pelindung queen.
- Thumbing: pukulan tepat yang dimainkan dengan jempol.
- White slam: mengantongi semua koin putih dengan atau tanpa queen dalam serangan atau giliran pertama.
- Black slam: mengantongi semua koin hitam dengan atau tanpa queen dalam serangan atau giliran pertama.
Itulah beberapa penjelasan tentang sejarah karambol beserta ketentuan aturan permainan dan peralatan yang dibutuhkan.
0 comments